Komputer | Perangkat Keras Komputer | Perangkat Lunak | Cara Mempercepat Koneksi Internet | Modul TKJ Lengkap | Service Komputer | Sejarah Komputer | Sejarah Internet | Sistem Operasi | Jaringan Komputer | Password Wifi id Gratis

Senin, 27 Juni 2016

Macam Macam Perangkat Lunak dan Pengertiannya Masing Masing

macam macam perangkat lunak/software :

Pengertian Software komputer-adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah ke user/pengguna. Baca juga pengertian perangkat lunak lengkap

Perangkat lunak pada system komputer terbagi dalam beberapa kategori sesuai dengan jenis dan fungsinya.

Berikut ini adalah contoh macam-macam perangkat lunak/software  beserta pengertian yang umumnya ditemui dalam system komputer : 

macam macam perangkat lunak dan pngertiannya masing masing

aplication software adalah suatu subkelas perangkat lunak (software) komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung, untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan si pengguna. Program ini dibuat programmer dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.

System operasi adalah program yang berfungsi untuk mengendalikan system kerja yang mendasar, sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain sebagainya. System operasi ini berfungsi sebagai penghubung antara user/pengguna dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan.

Adapun fungsi utama dari system operasi adalah sebagai berikut :

a. Menyimpan program dan aksesnya.
b. Membagi tugas di dalam CPU.
c. Mengalokasikan tugas-tugas penting.
d. Merekam sumber-sumber data.
e. Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data.
f. Memeriksa kesalahan system- Multitugas pada OS/2″, Windows ’95″, Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP, dan masih banyak lagi.
g. Memelihara keamanan system, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi/password dan penggunaan ID.

3. Perangkat lunak gratis / freeware
freeware adalah perangkat lunak (software) komputer yang memiliki cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, sehingga dapat dibedakan dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar, misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan.

4. Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware)
Shareware / trialware adalah program terbatas, program didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang telah ditetapkan, misalnya 30 hari yang biasa disebut dengan masa trial. Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli, dan kemudian membeli versi lengkap dari suatu program.

5. Perkakas pengembangan perangkat lunak / software
development tool seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman ingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.

6. Pengendali perangkat keras / device driver
device driver yaitu penghubung antara perangkat keras pembantu, dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan, dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.

7. Perangkat lunak menetap / firmware
firmware adalah perangkat lunak yang dipasang
dalam jam tangan digital, dan pengendali jarak jauh.

8. Perangkat lunak bebas / free 'libre' software
free 'libre' software adalah istilah yang diciptakan oleh Richard Stallman dan Free Software Foundation yang mengacu kepada perangkat lunak yang bebas untuk digunakan, dipelajari dan diubah serta dapat disalin dengan atau tanpa modifikasi, atau dengan beberapa keharusan lainnya, untuk memastikan bahwa kebebasan yang sama tetap dapat dinikmati oleh para user/penggun. berikutnya, Bebas di sini juga berarti dalam menggunakan, mempelajari, mengubah, menyalin atau menjual sebuah perangkat lunak/software, seseorang tidak perlu meminta izin kepada siapa pun.

9. Perangkat lunak sumber terbuka / open source software
open source software adalah jenis perangkat lunak yang kode sumber-nya terbuka untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan dan disebarluaskan. Karena umumnya pengembangan dilakukan oleh satu paguyuban terbuka yang bertujuan mengembangkan perangkat lunak yang bersangkutan.

Semua perangkat lunak bebas adalah perangkat lunak sumber terbuka, tapi perangkat lunak sumber terbuka belum tentu perangkat lunak bebas, karna tergantung kaidah yang dipakai dalam melisensikan perangkat lunak sumber terbuka tersebut.

10. Perangkat lunak perusak / malware
Perangkat lunak perusak adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak system komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin terkemuka/informed consent dari pemilik. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik sebuah komputer. Istilah 'virus computer' kadang-kadang dipakai sebagai frasa pemikat (catch phrase) untuk mencakup semua jenis perangkat lunak yang berbahaya, termasuk virus murni (true virus). Lihat pengertian sejarah dan perkembangan coreldraw


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Macam Macam Perangkat Lunak dan Pengertiannya Masing Masing

1 komentar: